Kutub Utara Mencair, Benarkan Indonesia Bakal Tenggelam?

Posted by admin on Saturday, August 21, 2010

Kutub Utara mencair saat ini menjadi pusat perhatian dunia.Sebagaimana diberitakan tribun news, saat ini bongkahan es raksasa berukuran separo kota jakarta telah lepas dari gleiser di Greenland dan mengapung di Laut Arktik.

Kutub Utara Mencair

Tahun 1912 mungkin anda mendengar cerita kapal mewah terbesar titanic tengelam. Ternyata juga disebabkan adanya bongkahan es raksasa yang terlepas dari gleiser di Kutub Utara.

Menurut penelitian pakar Gleiser dari Universitas Oslo, Jon Ove, es raksasa ini diperkirakan akan melewati kilang minyak dan jalur pelayaran. Jon Ove juga menyebutkan bahwa arah pergerakan es raksasa ini sulit di kendalikan karena ukurannya yang memang sangat besar.

Bongkahan es yang terpisah ini dipetakan sepanjang 260 kilometer dan diprediksi akan bergerak melintasi selat Nares, salah satu perairan di greenland, kanada. Jika es ini mencair maka kemungkinan air laut di lokasi pencairan akan meningkat setinggi 6 meter.

Sedangkan berdasarkan pengamatan Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara, DR Edwin Aldrian, mencairnya pulau es di Kutub Utara diakibatkan sirkulasi panas bumi.

"Di bumi ini ada arus lintas dunia yang menyalurkan atau melakukan sirkulasi panas ke seluruh permukaan bumi. Nah..di Samudera Atlantik, arus lintas dunia tersebut mengarah ke Greenland sehingga menyebabkan bongkahan es yang lepas dan mencair.

Hal yang sangat menarik adalah komentar dari artis kita, Fitri Carlina. "Kalau es di kutub utara mencair kayaknya indonesia bakal tengelam". Apa memang benar demikian?

Satu yang penting dalam menyimaki fenomena ini adalah kita harus lebih peduli dengan keadaan bumi kita. Stop global warming. Dukung upaya penanaman seribu pohon.

{ 0 comments... liat komentar dibawah atau tuliskan komentar anda }

Post a Comment